AMIN

Cuma Buang Waktu Dan Tenaga, Pindah Ibu Kota Baru Akhirnya Ditunda !

14 Sep 2020  |  1549x | Ditulis oleh : Penulis
Cuma Buang Waktu Dan Tenaga, Pindah Ibu Kota Baru Akhirnya Ditunda !

Rencana pemerintah memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur memang tidak mudah, apalagi saat ini Indonesia bahkan dunia sedang mengalami masa-masa sulit karena adanya covid-19 yang sangat mempengaruhi kondisi ekonomi setiap negara.

Begitupun rencana pemindahan ibu kota yang memang dari awal sudah banyak penolakan dari rakyat yang menganggap keputusan tersebut sangat tidak tepat, karena saat ini Indonesia lebih membutuhkan aliran dana untuk sektor lain yang lebih penting.

Terkesan sangat memaksakan pada awal rencana pemerintahan Jokowi begitu sangat yakin akan rencana pemindahan ibu kota ini. Tetapi dengan berjalannya waktu rencana ini pun akhirnya mengalami penundaan karena membutuhkan dana yang sangat besar.

Kepastian penundaan ibu kota ini disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa. Meskipun ada penundaan, tim komunikasi dan koordinasi strategis pemindahan ibu kota tetap mendapatkan alokasi anggaran tahun 2021.

Ketua Umum PPP ini juga menjelaskan bahwa pemerintah akan tetap melanjutkan rencana yang telah disiapkan sebelumnya, yaitu pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Menurutnya, pembangunan infrastruktur di wilayah calon ibu kota baru akan dilakukan.

Sementara itu Presiden Jokowi pernah menyatakan bahwa pemindahan pembangunan ibu kota di Kalimantan Timur membutuhkn biaya sebesar Rp 466 tiliun. Sejumlah Rp 89,4 triliun (19,2%) berasal dari APBN, Rp 235,4 trliun (54,4%) melalui kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), dan sebanyak RP 123,2 triliun dari pendanaan swasta.

Biaya yang sangat mahal yang harus dikeluarkan pemerintah untuk hal yang sebenarnya kurang penting, karena jika dana sebesar itu bisa digunakan untuk hal lain yang lebih penting tentu saja akan sangat berguna bagi pembangunan di sektor lain yang lebih strategis.

Jika penundaan ini berlangsung lama, maka tidak akan menutup kemungkinan proyek besar ini akan mangkrak dan malah akan merugikan negara. Contohnya seperti rencana pembuatan jalur transportasi umum kereta cepat Jakarta – Bandung yang sampai sekarang tidak jelas dan kapan akan rampung.

Proyek kereta cepat ini pun banyak menuai kritik, karena terkesan memaksakan sesuatu tidak terlalu penting dan memakan biaya yang tidak sedikit.

Baca Juga:
Mayoritas Islam Di Indonesia Ternyata Hanya Jadi Minoritas Ketika Membela Kebenaran

Mayoritas Islam Di Indonesia Ternyata Hanya Jadi Minoritas Ketika Membela Kebenaran

Religi      

22 Des 2020 | 774 Penulis


Memang benar agama Isla adalah agama yang banayak dianut di Indonesia, sejak dari sekolah dasar pun kita tentu sudah di ajarkan tentang agama mana yang menjadi mayoritas dinegara kita. ...

Tryout.id

Tryout.id - Gelar Try Out Nasional Secara Online dan Berhadiah Jutaan

Kampus      

27 Jun 2022 | 522 Penulis


Disaat akan menghadapi soal ujian di sekolah, masuk universitas atau ujian masuk kerja pasti selalu bikin kamu was-was. Alasannya tentu saja karena kita tidak tahu soal ujian apa yang akan ...

Jadi Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil, Berikut Tips Aman Berenang Buat Ibu Hamil

Jadi Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil, Berikut Tips Aman Berenang Buat Ibu Hamil

Kesehatan      

15 Nov 2020 | 794 Penulis


Aghil - American College of Obstetricians and Gynecologists mengungkapkan olahraga yang paling aman selama masa kehamilan bagi wanita. Olahraga tersebut adalah berenang. Bukan hanya ...

Grinn Living

Simpan Teh Kamu Dalam Toples Kaca dari Grinn Living untuk Mendapatkan Full Manfaat dari Minum Teh

Kesehatan      

5 Agu 2022 | 493 Penulis


Saat pagi menjelang dengan suasana yang tenang dan udara yang cenderung lebih dingin, rasanya ada yang kurang jika tidak ditemani oleh secangkir teh panas. Dengan rasa yang sedikit pahit, ...

Surat Terbuka Ikatan Alumni ITB Terhadap Situasi ITB Hari ini

Surat Terbuka Ikatan Alumni ITB Terhadap Situasi ITB Hari ini

Nasional      

10 Maret 2022 | 664 Penulis


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Ganesha!! Bulan ini, Maret tahun 2022 adalah bulan yang bersejarah. Pada tanggal 2 Maret 1959, Presiden RI Ir. Soekarno ...

Meskipun Enak, Ternyata Makanan dan Minuman Ini Bisa Kuras Energi Kamu saat Berpuasa Loh!

Meskipun Enak, Ternyata Makanan dan Minuman Ini Bisa Kuras Energi Kamu saat Berpuasa Loh!

Kesehatan      

27 Apr 2020 | 1502 Penulis


Untuk tetap bertenaga saat berpuasa, kuncinya ada pada makan makanan yang tepat ketika sahur. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, maka tenaga menjadi optimal dan pertu tidak merasa ...