rajabacklink

Cuma Buang Waktu Dan Tenaga, Pindah Ibu Kota Baru Akhirnya Ditunda !

14 Sep 2020  |  1740x | Ditulis oleh : Penulis
Cuma Buang Waktu Dan Tenaga, Pindah Ibu Kota Baru Akhirnya Ditunda !

Rencana pemerintah memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur memang tidak mudah, apalagi saat ini Indonesia bahkan dunia sedang mengalami masa-masa sulit karena adanya covid-19 yang sangat mempengaruhi kondisi ekonomi setiap negara.

Begitupun rencana pemindahan ibu kota yang memang dari awal sudah banyak penolakan dari rakyat yang menganggap keputusan tersebut sangat tidak tepat, karena saat ini Indonesia lebih membutuhkan aliran dana untuk sektor lain yang lebih penting.

Terkesan sangat memaksakan pada awal rencana pemerintahan Jokowi begitu sangat yakin akan rencana pemindahan ibu kota ini. Tetapi dengan berjalannya waktu rencana ini pun akhirnya mengalami penundaan karena membutuhkan dana yang sangat besar.

Kepastian penundaan ibu kota ini disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa. Meskipun ada penundaan, tim komunikasi dan koordinasi strategis pemindahan ibu kota tetap mendapatkan alokasi anggaran tahun 2021.

Ketua Umum PPP ini juga menjelaskan bahwa pemerintah akan tetap melanjutkan rencana yang telah disiapkan sebelumnya, yaitu pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Menurutnya, pembangunan infrastruktur di wilayah calon ibu kota baru akan dilakukan.

Sementara itu Presiden Jokowi pernah menyatakan bahwa pemindahan pembangunan ibu kota di Kalimantan Timur membutuhkn biaya sebesar Rp 466 tiliun. Sejumlah Rp 89,4 triliun (19,2%) berasal dari APBN, Rp 235,4 trliun (54,4%) melalui kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), dan sebanyak RP 123,2 triliun dari pendanaan swasta.

Biaya yang sangat mahal yang harus dikeluarkan pemerintah untuk hal yang sebenarnya kurang penting, karena jika dana sebesar itu bisa digunakan untuk hal lain yang lebih penting tentu saja akan sangat berguna bagi pembangunan di sektor lain yang lebih strategis.

Jika penundaan ini berlangsung lama, maka tidak akan menutup kemungkinan proyek besar ini akan mangkrak dan malah akan merugikan negara. Contohnya seperti rencana pembuatan jalur transportasi umum kereta cepat Jakarta – Bandung yang sampai sekarang tidak jelas dan kapan akan rampung.

Proyek kereta cepat ini pun banyak menuai kritik, karena terkesan memaksakan sesuatu tidak terlalu penting dan memakan biaya yang tidak sedikit.

Baca Juga:
Pesantren Al Masoem

SD Swasta Terbaik di Bandung 2024: Biaya & Program Sekolah Al Masoem

Pendidikan      

30 Mei 2024 | 102 FDT


SD Swasta Al Masoem merupakan salah satu sekolah swasta islam terbaik di Bandung. Dengan visi dan misi untuk memberikan pendidikan berkualitas sesuai ajaran Islam, sekolah ini telah ...

Deretan Laptop Gaming Terbaik 2020 Beserta Daftar Harganya

Deretan Laptop Gaming Terbaik 2020 Beserta Daftar Harganya

Tekno      

11 Sep 2020 | 2125 FDT


Selain menonton film, bermain game juga merupakan salah satu sarana hiburan yang paling cocok untuk mengisi waktu luang selama di rumah. Itu sebabnya, mengapa kegiatan hiburan yang satu ini ...

Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Pengikut dan Platform

Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Pengikut dan Platform

Tips      

13 Jun 2024 | 75 FDT


Influencer saat ini banyak berperan dalam memengaruhi perilaku konsumen melalui postingan dan konten yang mereka bagikan di berbagai platform media sosial. Dilihat dari jumlah pengikutnya, ...

Bagaimana Cara Menghemat Biaya Pemasaran di Media Sosial

Bagaimana Cara Menghemat Biaya Pemasaran di Media Sosial

Tips      

13 Jun 2024 | 70 FDT


Pemasaran di media sosial telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif dan terjangkau bagi berbagai jenis bisnis. Namun, bagi banyak perusahaan, biaya pemasaran di media ...

Hati-Hati, Telur Ternyata Dapat Mengakibatkan Diabetes

Hati-Hati, Telur Ternyata Dapat Mengakibatkan Diabetes

Kesehatan      

28 Nov 2020 | 850 Penulis


Aghil - Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan. Tak hanya itu, telur juga mudah dalam mengolahnya menjadi berbagai macam masakan. Kandungan gizi pada telur juga ...

Strategi Menang Kampanye di Media Online

Strategi Menang Kampanye di Media Online

Tips      

13 Jun 2024 | 73 FDT


Dalam era digital seperti sekarang, media online telah menjadi platform yang sangat efektif untuk menyebarkan pesan-pesan kampanye. Dengan semakin banyaknya pengguna internet dan media ...