rajabacklink

Cuma Buang Waktu Dan Tenaga, Pindah Ibu Kota Baru Akhirnya Ditunda !

14 Sep 2020  |  174x | Ditulis oleh : Kak Min
Cuma Buang Waktu Dan Tenaga, Pindah Ibu Kota Baru Akhirnya Ditunda !

Rencana pemerintah memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur memang tidak mudah, apalagi saat ini Indonesia bahkan dunia sedang mengalami masa-masa sulit karena adanya covid-19 yang sangat mempengaruhi kondisi ekonomi setiap negara.

Begitupun rencana pemindahan ibu kota yang memang dari awal sudah banyak penolakan dari rakyat yang menganggap keputusan tersebut sangat tidak tepat, karena saat ini Indonesia lebih membutuhkan aliran dana untuk sektor lain yang lebih penting.

Terkesan sangat memaksakan pada awal rencana pemerintahan Jokowi begitu sangat yakin akan rencana pemindahan ibu kota ini. Tetapi dengan berjalannya waktu rencana ini pun akhirnya mengalami penundaan karena membutuhkan dana yang sangat besar.

Kepastian penundaan ibu kota ini disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa. Meskipun ada penundaan, tim komunikasi dan koordinasi strategis pemindahan ibu kota tetap mendapatkan alokasi anggaran tahun 2021.

Ketua Umum PPP ini juga menjelaskan bahwa pemerintah akan tetap melanjutkan rencana yang telah disiapkan sebelumnya, yaitu pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Menurutnya, pembangunan infrastruktur di wilayah calon ibu kota baru akan dilakukan.

Sementara itu Presiden Jokowi pernah menyatakan bahwa pemindahan pembangunan ibu kota di Kalimantan Timur membutuhkn biaya sebesar Rp 466 tiliun. Sejumlah Rp 89,4 triliun (19,2%) berasal dari APBN, Rp 235,4 trliun (54,4%) melalui kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), dan sebanyak RP 123,2 triliun dari pendanaan swasta.

Biaya yang sangat mahal yang harus dikeluarkan pemerintah untuk hal yang sebenarnya kurang penting, karena jika dana sebesar itu bisa digunakan untuk hal lain yang lebih penting tentu saja akan sangat berguna bagi pembangunan di sektor lain yang lebih strategis.

Jika penundaan ini berlangsung lama, maka tidak akan menutup kemungkinan proyek besar ini akan mangkrak dan malah akan merugikan negara. Contohnya seperti rencana pembuatan jalur transportasi umum kereta cepat Jakarta – Bandung yang sampai sekarang tidak jelas dan kapan akan rampung.

Proyek kereta cepat ini pun banyak menuai kritik, karena terkesan memaksakan sesuatu tidak terlalu penting dan memakan biaya yang tidak sedikit.

Baca Juga:
Tak Hanya Sehat, Kurma Juga Ternyata Bisa Bikin Cantik

Tak Hanya Sehat, Kurma Juga Ternyata Bisa Bikin Cantik

Kesehatan      

30 Apr 2020 | 213 Kak Min


Buah Kurma, buah khas Timur Tengah yang memiliki cita rasa manis legit ini memang sangat populer di negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim. Buah yang kerap disantap oleh Rasulullah ...

Jaga Mata Tetap Jernih dengan 4 Cara Alami Ini

Jaga Mata Tetap Jernih dengan 4 Cara Alami Ini

Kesehatan      

27 Okt 2020 | 113 Kak Min


Aghil - Mata adalah salah satu indera yang penting untuk kita. Karenanya, penting untuk menjaga kesehatan pada mata. Terlebih pada zaman modern saat ini, dimana mata mudah lelah dan ...

Cara Baru Beriklan Dengan Aplikasi Soorvei

Cara Baru Beriklan Dengan Aplikasi Soorvei

Tekno      

1 Okt 2020 | 121 FDT


Total belanja iklan nasional tahun 2018 mencapai 145T, sedangkan tahun 2019 mencapai 181T. Meskipun pada tahun 2020 belanja iklan dipastikan turun karena pandemic covid-19 menarik bahwa ...

Kerja dari Rumah? Jaga Kesehatan Punggung dengan Melakukan Ini

Kerja dari Rumah? Jaga Kesehatan Punggung dengan Melakukan Ini

Kesehatan      

31 Maret 2020 | 200 Kak Min


Dengan adanya pandemi virus Corona atau COVID-19, membuat banyak orang melakukan perubahan pada aktifitas hariannya. Salah satunya mengharuskan kita untuk belajar dan bekerja dari ...

4 Makanan Korea yang Sering Muncul di Drakor, Penasaran?

4 Makanan Korea yang Sering Muncul di Drakor, Penasaran?

Kuliner      

2 Apr 2020 | 253 Kak Min


Drama Korea kini menjadi salah satu tayangan yang disukai kaum remaja. Tak ayal, berbagai macam hal yang ada dalam serial tersebut membuat kita penasaran. Mulai dari gaya berpakaian, lokasi ...

Perusahaan Ini Tawarkan Uang Rp 5 Juta Untuk Membeli Wajah Seseorang untuk Digunakan Sebagai Topeng 3D

Perusahaan Ini Tawarkan Uang Rp 5 Juta Untuk Membeli Wajah Seseorang untuk Digunakan Sebagai Topeng 3D

Mancanegara      

1 Des 2020 | 59 Kak Min


Aghil - Kamenya Omoto, sebuah perusahaan di Tokyo jepang menjadi perbincangan di media sosial. Hal ini lantaran perusahaan ini ingin membeli wajah seseorang seharga 40.000 yen atau setara ...